Objek Langsung dalam Pembelajaran Matematika

Salam sahabatguru. Sudah lama ya rumah ini berdebu. Yah, maklumi sajalah kesibukan bu guru yang pura-pura sibuk hehe. Jadi certanya bu guru sibuk  membersihkan rumah yang ini nih, jadi rumah yang ini menjadi berdebu deh. Baiklah, mari..kita bersih-bersih rumah ini dengan postingan tentang objek langsung dalam pembelajaran matematika.

segiempat1

Dalam pembelajaran matematika ada objek langsung dan ada juga objek tidak langsung, nah kali ini kita akan kupas tentang apa itu objek langsung dalam pembelajaran matematika.
Menurut Gagne, Dalam mengajar matematika harus ada dua objek yang harus diajarkan yaitu objek langsung dan objek tidak langsung. Objek langsung terdiri dari fakta, skill, konsep dan prinsip. Sedangkan objek tidak langsung terdiri dari transfer belajar, kemampuan inkuiri, kemampuan pemecahan masalah, disiplin diri, dan penghargaan terhadap struktur matematika.
Berikut pengertian dari objek langsung dalam matematika;

Konsep dalam Matematika

Menurut Saiful Sagala (2006) konsep merupakan buah pemikiran seseorang atau sekelompok orang yang dinyatakan dalam defenisi sehingga melahirkan produk pengetahuanmeliputi prinsip dan hukum dan teori. Konsep dalam matematika adalah abstrak yang memungkinkan kita untuk mengelompokkan (mengklasifikasikan)objek/kejadian dalam. Konsep dapat dipelajari melalui defenisi /pengamatan langsung. Konsep dapat dipelajari dengan cara melihat, mendengar, diskusi

Konsep adalah suatu ide abstrak yang memungkinkan seseorang untuk mengklasifikasi suatu objek dan menerangkan apakah objek tersebut merupakan contoh atau bukan contoh dari ide abstrak tersebut. Seorang siswa disebut telah mempelajari konsep segitiga jika ia telah dapat membedakan yang termasuk segitiga dari yang bukan segitiga. Untuk sampai ke tingkat tersebut, siswa harus dapat mengenali atribut atau sifat-sifat khusus dari segitiga.

Fakta

Fakta adalah konvensi (kesepakatan) dalam matematika seperti lambang, notasi, ataupun aturan. Fakta dalam matematika adalah symbol-simbol dalam matematika. Misal 2 adalah symbol untuk bilangan dua. Karenanya, cara mengajarkan fakta adalah dengan menghafal, drill, ataupun peragaan yang berulang-ulang.

Prinsip

Prinsip dalam matematika berupa teorema atau dalil. Teorema adalah suatu pernyataan yang bias dirumuskan dalam matematika dan bias dibuktikan. Selain itu Prinsip adalah suatu pernyataan yang memuat hubungan antara dua konsep atau lebih. Contohnya, rumus luas segitiga berikut:
L =1/2 .a .t.
Pada rumus luas segitiga di atas, didapati adanya beberapa konsep yang digunakan, yaitu konsep luas, konsep panjang alas segitiga dan konsep tinggi segitiga.

Keterampilan

Keterampilan adalah suatu prosedur atau aturan untuk mendapatkan atau memperoleh suatu hasil tertentu.
Misalkan saja anda diminta untuk menentukan hasil dari 345 × 87 tanpa menggunakan kalkulator. Apa yang harus Anda lakukan? Prosedur atau aturan untuk mendapatkan atau memperoleh hasil 345 × 87 biasanya adalah dengan perkalian bersusun. Diawali dengan mengalikan 7 × 5 yang sama dengan 35; diikuti dengan menulis angka satuan 5 di tempat satuan serta menyimpan angka puluhan 3 di dalam pikiran. Setelah itu menentukan nilai dari 7 × 4 = 28. Hasil 28 ini ditambah dengan angka 3 yang disimpan tadi menjadi 31. Dari hasil terakhir ini, angka satuannya, yaitu 1 ditulis di sebelah kiri 5 dan angka 3-nya disimpan di dalam pikiran.

Tinggalkan komentar